Pertamina Ancam Cabut Izin SPBU

detakserang.com - CILEGON, PT Pertamina (Persero) akhirnya angkat bicara bernada ancaman. Perusahaan negara ini akan mencabut izin jika terbukti SPBU di Cilegon bermasalah.

Sikap PT Pertamina itu menyusul tersiar kabar dari aduan masyarakat terhadap praktik penyelewengan BBM ilegal di SPBU-SPBU, Kota Cilegon. Praktik busuk ini bermodus menggunakan truk fuso yang didesign khusus untuk mencuri bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi. PT Pertamina (Persero) Tanjung Gerem, Kelurahan Gerem, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, tidak tinggal diam. Bila menemukan bukti praktik penyelewengan BBM bersubsidi jenis solar tersebut, PT Pertamina langsung mencabut izin usaha SPBU terkait.

"Yang pasti, kami akan menindaklanjuti temuan warga tersebut. Bila terbukti, kita mencabut izin SPBU sampai memutuskan hubungan bisnisnya," kata Asisten Manajer Man External Relation Pertamina MOR III (Jawa Bagian Barat) PT. Pertamina Milla Suciyani, Selasa (22/4).

Mila menjelaskan, pihaknya langsung menindaklanjuti ke lapangan untuk melakukan penelusuran praktik penyelewengan BBB secara ilegal. Kalau memang benar laporan itu, PT Pertamina langsung terjun ke SPBU-SPBU di Merak dan Cilegon.

Seperti diketahui sebelumnya, lima truk fuso bernomor polisi B 9008 CYT, B 9012 CYT, BA 9889 WD, A 8367 UC, dan B 9627 CU parkir di Jalan Cikuasa Atas, Kota Cilegon. Keberadaan armada ini dicurigai masyarakat kerap melakukan praktik pengisian BBM secara ilegal. Kelima itu diduga kuat dilakoni oknum polisi Polda Banten ini yang kerap beroperasi dengan modus melakukan pengisian BBM solar secara berpindah-pindah dari satu SPBU ke SPBU lainnya untuk mengelabuhi jejak mereka.

Mendapatkan pengaduan tersebut, sumber detakserang.com di BPH Migas pun akan melakukan upaya penghentian praktik tersebut.

"Kalau nanti ada, kita langsung operasi tangkap tangan siapa yang terlibat, dan langsung akan kita proses," tandasnya.

Jika memang benar tertangkap, lanjutnya, BPH Migas akan memproses dan menindaklanjuti kepada PT Pertamina yang menyuplai BBM ke SPBU - SPBU di kawasan tersebut.

Kota Cilegon memang pernah menjadi salah satu target operasi tangkap tangan BPH Migas. Bahkan, pihaknya juga berkomitmen untuk membabat habis praktik penyelewengan BBM ilegal yang ada di Indonesia.

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Light Rain
25°C (25°C 24°C)

Go to top