Libur Panjang Nyepi, Pelabuhan Merak Padat

Libur Panjang Nyepi, Pelabuhan Merak Padat

detakserang.com- CILEGON,  Bertepatan dengan Libur Panjang Hari Raya Nyepi, tertanggal 31 Maret 2014, Ratusan kendaraan truk ekspedisi yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak padat.

Hal ini tampak terlihat adanya peningkatan volume truk ekspedisi hingga area Parkir Pelabuhan yang tengah menunggu proses bongkar muat di Lima Dermaga di Pelabuhan Merak, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.

Hal ini dibenarkan oleh Nana Sutisna, Manajer Usaha Pelabuhan PT. ASDP Ferry Cabang Merak, saat dihubungi melalui telepon gengamnya, Minggu (30/3).

"Kepadatan di pelabuhan sudah mulai terpantau sejak tadi malam, volume kendaraan terus mengalir baik kendaraan pribadi maupun kedanraan truk ekspedisi" Katanya.

Nana menjelaskan bahwa untuk melayani penumpang, pihaknya langsung memprioritaskan kendaraan pribadi untuk lebih dulu melakukan proses bongkar muat.

" Kami prioritaskan dulu kendaraan pribadi, karena banyak yang mau pulang kampung halaman, dan ini juga kita lakukan supaya kedaraan lain bisa normal bongkar muat" Terangnya.

Nana menuturkan bahwa walaupun terjadi peningkatan volome penumpang khusus kendaraan pribadi dan muatan barang, Pihaknya optimis tidak terjadi antrean panjang hingga keluar area Pelabuhan dengan kondisi hanya 4 dermaga yang dioperasikan dapat dimaksimalkan serta jadwal bongkar muat kapal dipercepat.

"dermaga yang operasi saat ini ada 4 dermaga, dermaga V, sedang dalam perbaikan, kapal yang dioperasikan sebanyak 23 kapal. Saya jamin tidak akan mengantri keluar pelabuhan, karena saat ini kapal yang beroperasi kapasitas besar ditambah dengan pelayan bongkar muat kapal kita percepat," lanjutnya.

Seperti diketahui, dari Data yang dilangsir PT. ASDP Ferry Cabang Merak, Nana menjelaskan secara detail bahwa pada hari ini, Minggu tanggal 30 Maret 2014, kapal melakukan sebanyak 77 trip penyeberangan, dengan menyeberangkan total penumpang pejalan kaki sebanyak 6.541 orang. Sementara itu, kendaraan roda dua sebanyak 2.659 unit, kendaraan pribadi 3.042 unit, Bus 203 unit dan truk sebanyak 2.620 unit.

"jadi total yang sudah diseberangkan 8.524 penumpang dan kendaraan, sedangkan kondisi antrian kendaraan di dalam pelabuhan semuanya tidak sampai di luar pelabuhan, kondisi cuaca berawan, kecepatan angin, 05 - 10 knot, Gelombang 0.5 - 0.75 meter" pungkasnya (BTK)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online