KMP Bahuga Resmi Beroperasi

detakserang.com - CILEGON, Kapal muatan penumpang (KMP) Persada I, milik PT Atosim Lampung Perkasa pengganti KMP Bahuga Jaya yang tenggelam, tahun lalu. Persada I telah beroperasi di Lintasan Penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakaujeni sejak Selasa (25/3).

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Nana Sutisnasaat membenarkan ketika dikonfirmasi di Pelabuhan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (26/3).

KMP Persada I mengantongi izin prinsip beroperasi. Izin ini diterbutkan Kementerian Perhubungan.
"Kita langsung operasikan Mutira Persada I menyusul diterbitkan izin operasi tersebut," ungkapnya.

Sedangkan KMP Mutiara Persada I, menurutnya, mampu menampung penupang kendaraan pribadi dan truk hingga ratusan unit. Untuk penumpang pejalan kaki, kapal dapat menampung hingga 600 orang.

Ia mengatakan, daya angkut kapal ini cukup besar, baik motor, kendaraan pribadi, maupun truk hingga 110 unit dan 600 orang. Dengan bertambahnya kapal KMP Persada I, Jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak menjadi 47 kapal.

Di tempat terpisah Kepala Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP) Endi Suprasetio juga membenarkan kapal tersebut sudah beroperasi.Tetapi kapal hanya diperbolehkan beroperasi di dermaga khusus yang mampu menampung dengan kapasitas yang besar. Karena spesifikasi kapal tersebut berbeda dengan yang lainnya hanya bisa sandar di tiga dermaga, baik Dermaga III, IV, dan V.

Untuk izin prinsip dan operasi, lanjut Endi, seluruh kelengkapan dokumen perizinan sudah memenuhi kapal untuk dapat beroperasi. Seperti berita sebelumnya, KMP Mutiara Persada I telah melakukan uji sandar di Dermaga III untuk mendapatkan izin operasional di lintasan penyeberangan Merak - Bakauheni.(BTK)

« April 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30          

Cuaca

JSN_PAGEBUILDER_THIS_KEY_DOES_NOT_EXIST

Go to top