Ratusan Surat Suara Rusak

Ratusan Surat Suara Rusak

DetakBogorRaya - BOGOR, KPU Kota Bogor menemukan ratusan surat suara pemilahan umum calon anggota legislatif (pileg) 2014 rusak atau cacat karena robek dan cetakan buram. Surat suara itu ditemukan saat proses penyortiran dan pelipatan di lapangan Indoor GOR Pajajaran.

Komisioner Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik KPU Kota Bogor Edi Kholki Zaelani mengatakan, surat suara yang akan dilipat dan isortir ini berjumlah 2.717.784 lembar yang terdiri atas surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Bogor.

"Dari 680 ribu lembar yang sudah disortir, sekitar 120 lembar surat suara robek dan cetakannya buram. Jumlah itu kemungkinan masih akan bertambah karena proses penyortiran masih berlangsung," kata Edi, Kamis (6/3).

Menurutnya, kertas suara yang cacat atau rusak dikumpulkan sebelum dijadikan barang bukti untuk dkembalikan ke KPU Pusat.

Dalam pelipatan dan penyortiran, menurutnya, KPU Kota Bogor melibatkan 300 tenaga kerja. Mereka adalah warga dari enam kecamatan di Kota Bogor. Proses penyortiran dan pelipatan di targetkan selesai 10 hari ke depan.
"Mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka juga sudah terlatih serta tahu bagaimana cara menyortir kertas suara," kata dia.

Edi menambahkan, proses pelipatan dan penyortiran melipat surat suara dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diawasi pengawas. Bahkan, sekitar area Gedung Indoor GOR pun diawasi ketat
petugas kepolisian menggunakan pakaian preman. (rul)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online