Wesel Tidak Berfungsi, 10 Perjalanan KRL Terganggu

detak.co.id - BOGOR, Sedikitnya 10 perjalanan kereta commuter line Bogor menuju Kota terganggu akibat wesel (alat perpindahan jalur) di Stasiun Gambir, Selasa (11/02) pagi tidak berfungsi.

Juru bicara PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Oprasional 1, Agus Komarudin menjelaskan bahwa gangguan wesel terjadi di perlintasan jalur Stasiun Gambir menyebabkan beberapa kereta tujuan setelah stasiun Gambir atau menuju stasiun Besar Kota tidak bisa dilintasi.


"Gangguan wesel terjadi sekitar pukul 06:00 dan pukul 09:22 WIB perjalanan kereta sudah normal kembali," katanya.
Menurut Agus, selama terjadi gangguan wesel tersebut peralihan jalur kereta dilakukan secara manual. Namun karena Stasiun Gambir merupakan jalur perlintasan luar daerah sehingga diperioritaskan untuk kereta jarak jauh.
Sementara untuk kereta commuter line Bogor menuju Kota dialihkan melewati Manggarai, Kampung Badan lalu Stasiun Kota dan commuter line Bekasi menuju Kota juga dialihkan menuju Stasiun Kampung Bandan, lalu Stasiun Kota.


Terkait gangguan tersebut, kata dia setidaknya ada 10 perjalanan kereta dari Bogor menuju Kota mengalami gangguan. Dimulai pemberangkatan pukul 05:23 hingga pemberangkatan pukul 08:18.
Sementara sebagian besar penumpang mulai mengeluh, penumpang lain yang bergegas memilih moda transportasi lain setelah mendengar informasi bahwa terjadi antrian kereta di Stasiun Manggarai.

 

Salah satunya adalah Widya (32) dengan tujuan Stasiun Cikini mengatakan terpaksa naik hingga Stasiun Manggarai dan meneruskan dengan taksi. "Mau tidak mau hanya sampai Manggarai, karena sudah terlambat, imbuhnya.

Berbeda dengan Anwar (36), ia terpaksa memilih mengendarai kendaraannya ke kantor di sekitar Kebun Sirih, Jakarta Pusat.


"Awalnya saya pikir menggunakan kereta lebih lancar ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, tapi kalo terus gangguan seperti ini kemungkinan besar saya menggunakan kendaraan pribadi ke kantor," keluhnya.
Baik, Widya maupun Anwar berharap agar PT KAI terus memperbaiki pelayanannya terutama di jam-jam sibuk. Terutama Anwar meminta agar informasi sebisa mungkin diberitahukan sebelum para calon penumpang memasuki area stasiun.

 

"Kalau bisa pengeras suara taruh di luar area stasiun juga lah. Ini kita sudah beli tiket, mobil sudah diparkir, pas mau naik kereta baru bisa denger pengumuman," tambah Anwar.

Pekan lalu pengguna kereta kecewa karena Stasiun Kota dan Stasiun Kampung Bandan tidak bisa dilewati kerena dua stasiun tersebut terendam banjir dan mengalami ganguan sinyal. Hal tersebut menyebabkan commuter line hanya terhenti di Stasiun Manggarai dan terjadi penumpukan penumpang di stasiun-stasiun. (rul)

« February 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top