Enam Kecamatan di Kabupaten Lebak Diterjang Air Bah

Kondisi Banjir di Kabupaten Lebak Kondisi Banjir di Kabupaten Lebak istimewa

detaktangsel.com LEBAK - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebak sejak Rabu (8/2/2017) sore, membuat enam kecamatan dan puluhan hektar sawah Kabupaten Lebak terendam banjir.

Opang salah seorang warga mancak mengatakan, banjir yang merendam sawah berasal dari meluapnya sungai Cimadur Bayah, karena hujan yang mengguyur sejak kemarin."Ini efek dari hujan yang turun terus menerus dari kemarin, mungkin ini faktor alam yang terlalu sering diekploitasi tanpa melakukan pemeliharaan balik alam yang ada," ujar Opang, Kamis (9/2/2017).

Menurut Opang, lahan sawah pertanian produktif ini hampir puluhan hektar yang terendam banjir, setinggi lutut orang dewasa.Selain sawah, jalur yang menjadi akses wargapun ikut terendam banjir sehingga warga kesulitan untuk melintas."Saat ini akses jalan umum yang biasa Kami lintasi sudah terendam total, terpaksa harus nunggu surut dulu agar bisa lewat," tandas Opang.

Kondisi yang sama juga dirasakan di Kecamatan Leuwidamar. Camat Leuwidamar Endi SUhendi mengatakan, meluapnya air sungai Cisimeut tidak hanya merusak rumah warga saja. Dua jembatan gantung yakni jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Bunter - Kampung Leuwipeusing dan jembatan gantung Kampung Bunter - Kampung Batang pun ikut tergerus air.

Hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam peristiwa banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Leuwidamar.

Hanya saja, satu orang warga Kampung Keusal, Desa Leuwidanar dilaporkan telah digigit ular tanah saat tengah membersihkan air bekas banjir di rumahnya."Sementara kami belum menerima laporan ada korban jiwa, tapi salah seorang warga Kampung Keusal digigit ular saat tengah membersihkan rumahnya dari genangan air. Korban langsung dilarikan ke puskesmas Leuwidamar oleh tim medis Puskemas," tandasnya.

Lokasi Banjir di Kabupaten Lebak
Kecamatan Leuwidamar (Kp. keusal, Ds Leuwidamar) satu kampung terendam, korban 1 orang digigit ular.
Kecamatan Gunung kencana (Kp. ciakar, Ds Ciakar), (Kp. Pasir jati, Ds Cimarangray), (KP. Lebak Jati)

Kecamatan Cirinten (Kp. Cigintung, Ds Kadudamas)
Kecamatan Wanasalam (Kp. Gendulen, Ds Sukasari)

Kecamatan Banjarsari (Desa Kerta)

Kecamatan Bayah (kp. Madur dan Sukajaya)

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top