Caleg Berupaya Dekati Petugas KPPS

detakserang.com - SERANG, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mencium gelagat buruk perilaku calon anggota legislatif (caleg). Lembaga pengawas mengingatkan Kelompok Panitia Pemilihan Suara (KPPS) gerakan busuk itu.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Pramono U Tantowi mengungkapkan sejumlah caleg bermanuver ingin mendekati anggota KPPS. Tujuannya jelas meminta 'perlindungan' bila ditemukan bukti adanya upaya mobilisasi dari caleg tertentu menjelang Pileg 2014 mendatang.

"Saya sudah menerima laporan adanya gerakan mobilisasi caleg tersebut," kata Pramono U Tantowi.

Ia menegaskan, indikasi kuat bahwa caleg tertentu telah memobilisasi massa dukungan. Di Pandeglang misalnya, salah satu timses caleg mengumpulkan orang-orang calon KPPS di pondok pesantren.

"Di Pandeglang ada empat kecamatan, sekitar 20 orang lebih yang dikumpulkan," katanya saat melakukan rapat koordinasi Panwaslu se-Provinsi Banten di Kantor Bawaslu Provinsi Banten, Senin, (10/2).

Selain di Pandeglang, menurutnya, juga di Kota Serang ada mobilisasi calon penyelenggara aparatur pemilu di tingkat bawah. Kabarnya mereka dikumpulkan di salah satu rumah makan. Bawaslu sudah mengingatkan masyarakat tersebut tidak terintervensi.

Mereka dikumpulkan caleg, tambahnya, petugas KPPS akan menentukan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dalam kaitan ini, caleg mempunyai kepentingan politis. Karenanya, Bawaslu akan mengantisipasi persoalan tersebut.

Pramono menjelaskan, rapat ini sebagai upaya konsolidasi menyusul penyelenggaraan pemilu makin dekat. Untuk itu, rapat ini juga membahas pemetaan kerawanan potensi pelanggaran seperti pada saat kampanye rapat umum, distribusi logistik, dan pemungutan suara.

Ia menandaskan, petugas Panwaslu bersama petugas Satpol PP diminta menertibkan atribut-atribut caleg. Sehingga tidak ada komplain dari para caleg.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna menyatakan, petugas penyelenggara pemilu diminta harus netral. Bila ditemukan ada petugas pemilu bekerjasama dengan para caleg, maka akan ditindak tegas.

"Kita sudah sampaikan masalah ini pada pertemuan KPU kabupaten/kota di acara pembekalan PPK dan PPS. Kami sudah menegaskan kepada petugas pemilu agar bersikap netral," pungkasnya. (gan)

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top