Pekan ASN Menjadi Momentum Wali Kota dan Wakil Wali Kota Membayar PBB

Pekan ASN Menjadi Momentum Wali Kota dan Wakil Wali Kota Membayar PBB

detakbanten.com SERPONG - Pekan Aparatur Sipil Negara (ASN) dijadikan momentum oleh Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, dan Sekretaris Daerah Muhamad melakukan transaksi pembayaran objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel, Selasa (17/04/2018).

Pada kesempatan tersebut, pimpinan pemerintahan daerah Kota Tangsel berinisiatif untuk memberikan contoh nyata sebagai Wajib Pajak (WP) kepada seluruh satuan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) dan masyarakat luas, bahwa membayar pajak merupakan kewajiban warga negara yang harus dilakukan.

WhatsApp Image 2018 04 17 at 14.21.32

Seusai membayar PBB, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, ASN merupakan pegawai yang penghasilannya berasal dari pemerintah. Sehingga kesadaran pajak harus lebih besar dibandingkan dengan masyarakat lainnya.  

“Ini bagus, dan ini yang pertama di Tangsel juga. Semoga bisa terus dilakukan, dan bisa meningkatkan kesadaran bayar pajak untuk ASN Tangsel,” ujarnya.

Airin pun menyampaikan dengan berlakunya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah memiliki kewenangan untuk mengelola pajak daerah secara mandiri, termasuk PBB-P2.

WhatsApp Image 2018 04 17 at 14.21.321

Sebagai implementasi atas kewenangan yang diberikann Pemkot Tangsel telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 tentang pajak daerah sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah nomor 3 tahun 2017.

ASN yang ada di Tangsel merupakan wajib pajak, sepanjang yang bersangkutan mempunyai hak atas bumi  dan atau memperoleh manfaat atas bumi dan bangunan di Tangsel.

“Pekan ASN Taat PBB-P2 yang dilaksanakan saat ini merupakan harapan bagi kita, melalui para ASN dapat menjadi tauladan bagi para wajib pajak secara umum untuk selalu melunasi pembayaran PBB-P2 dan Saya berharap semua ASN di Tangsel dapat secara antusias mendukung pelaksanaan pekan ASN ini,” harapnya.

WhatsApp Image 2018 04 17 at 14.21.33

Sementara, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menambahkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Pajak Bumi Bangunan (PBB) pada tahun 2017 sebesar 30 persen dari Rp 1,4 triliun. Pekan ASN ini merupakan satu cara strategis untuk meningkatkan PAD tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Muhamad, memaparkan, bahwa Ia membayar pajak PBB sebesar Rp 8.000.470 ribu. “Saya bayar pajak PBB tergantung SPPT datang ke rumah. Setelah SPPT datang langsung membayarkan,” ungkapya.

Program ini sangat bagus dan terus dilakukan.”Saya bersama dengan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel memberikan contoh kepada ASN yang ada di Tangsel agar menjadi ASN taat pajak,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, langkah pimpinan daerah Kota Tangsel pun diikuti sejumlah petinggi OPD, diantaranya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel Dadang Sofyan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel yang baru dilantik Toto Sudarto.

“Saya bayar pajak awal Januari, karena saya berusaha untuk disiplin dalam pengurusan pajak, baik pajak PBB,kendaraan dan lainnya,” ToTo Sudarto.

Sedangkan, Kepala Bapenda Tangsel Dadang Sofyan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan pertama yang dilakukan di Tangsel.

“Pembukaan loket ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran pajak kepada masyarakat. Karena dengan adanya loket ini, pasti masyarakat akan lebih termotivasi,” jelasnya.

Dadang menambahkan, banyak sekali ASN Tangsel yang memiliki aset bumi bangunan di Kota Tangsel. Karena itu, loket ini efektif memberikan solusi pembayaran kepada ASN.

"Apalagi waktu pembukaannya sendiri dilakukan di lokasi yang sama dengan Apel Hari Kesadaran Nasional 2018," imbuhnya lagi.

Dadang Sofyan optimis, dengan cara seperti ini juga jumlah PAD Tangsel dari sektor pajak bisa meningkat. Dan bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

"Kesadaran ASN untuk membayar pajak menjadi tauladan bagi masyarakat sebagai WP," pungkas Dadang Sofyan. Adv

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online