Forum OPD Gabungan Bidang Kesehatan Bahas Soal Peningkatan Pelayanan

detaktangsel.com CIPUTAT-Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Gabungan Dinas Kesehatan dan RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyoroti peningkatan dan kualitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan yang digelar di Ruang Blandongan Lantai IV Gedung Puspemkot ini dihadiri Direktur RSU Kota Tangsel yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Suhara Manullang M.Kes, Sekretaris Dinas Kesehatan Deden Deni, Asisten Daerah (Asda) III Teddy Meiyadi serta 250 peserta dari dinas kesehatan, RSU, Kader Kesehatan, Forum Kota Sehat serta stake holder lainnya pada Jumat, (9/3/2018).

Sebelum dimulainya kegiatan ada hal yang menarik. Ratusan peserta diajak untuk senam peregangan sekira lima menit. Diketahui Forum OPD merupakan salah satu wadah singkronisasi kegiatan yang ada didala rencana kerja (renja) OPD dengan prioritas usulan hasil Musrenbang kecamatan. Dari Pembahasan forum OPD nantinya seluruh usalan masyarakat berdasarkan prioritas hasil musrenbang akan diakomodir dalam kegiatan OPD Dinas Kesehatan dan RSU Kota Tangsel.

WhatsApp Image 2018 03 11 at 21.24.51

Walikota Tangesl Airin Rachmi Diany yang diwakili Asda III Teddy Meiyadi pada kegiatan ini membahas persoalan pelayanan dan pemenuhan sarana dan prasarana di bidang kesehatan. Salah satunya, penekanan angka kematian ibu dan anak. Dengan pelayanan maksimal terhadap ibu hamil dan bayi dapat meningkatkan derajat kesehatan.

"Kita berkumpul di forum ini untuk membahas kegiatan di 2019 mendatang. Bagaimana pun bidang kesehatan harus menjadi prioritas karena langsung dirasakan masyarakat," katanya.

Untuk itu, Asda III berpesan agar usulan musrenbang dalam peningkatan pelayanan dan pemenuhan sarana kesehatan untuk diprioritaskan.

"Diharapkan forum OPD ini lebih meningkatkan sinergitas usulan bottom up. Sehingga program kegiatan di bidang kesehatan dapat mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangsel dapat tercapai," ujarnya.

Sementara Direktur RSU Kota Tangsel dr. Suhara Manullang M. Kes menerangkan, forum OPD ini juga untuk mempertajam usulan musrenbang tingkat kecamatan. "Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, di 2019 Pemkot Tangsel targetkan mempunyai 35 puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan," terangnya.

Menurut Suhara untuk mencapai target peningkatan pelayanan dan derajat kesehatan dibutuhkan sinergitas dan pro aktif dengan masyarakat. Pemantauan kesehatan masyarakat dapat dilakukan dari lingkungan masyarakat mulai Posyandu, Posbindu, Puskesmas hingga Dinas Kesehatan.

"Komunikasi dari bawah ke atas sangat dibutuhkan sebagai evaluasi kinerja Dinas Kesehatan dan RSU Kota Tangsel. Kami harapkan dengan forum OPD ini dapat meningkatkan komunikasi dalam peningkatan pelayanan di bidang kesehatan," tandasnya.

« September 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Clear
35.3°C (37°C 18°C)

Go to top