Print this page

Cegah Difteri, 620 Pegawai RSU Kota Tangsel dan Pasien Anak Divaksin

Vaksin difteri di RSU Kota Tangsel. Vaksin difteri di RSU Kota Tangsel. istimewa

Detaktangsel.com ADVERTORIAL-Sebanyak 620 pegawai RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan pasien anak berusia 0-19 tahun di vaksin difteri. Pemberian vaksin ini untuk mencegah virus difteri yang saat ini ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Kepala Bidang Pelayanan Medis pada RSU Kota Tangsel dr. Imbar Oemar Gazali mengatakan, tenaga kesehatan pelayan kesehatan dianggap menjadi salah satu lapisan penting yang harus divaksin. Apalagi pegawai di RSU bersentuhan langsung dengan pasien. ”Pemberian vaksin difteri ini, sebagai upaya proteksi untuk kesehatan pegawai. Sebab, mereka (pegawai-red) tidak tahu, apakah pasien memang positif virus difteri atau tidak,” katanya pada Senin, (18/12/2017).

Menurutnya, virus difteri ini tidak hanya menjangkit di tubuh anak-anak saja. Melainkan di tubuh orang diewasa juga. Karena itu penting bagi pegawai RSU untuk melakukan vaksin. ”Walaupun program prioritas untuk anak usia 0-19 tahun. Orang dewasa juga bisa ikut untuk menjaga agar terhindar dari penularan,” ucapnya.

WhatsApp Image 2017 12 18 at 14.52.04

Imbar menjelaskan penularan difteri bisa melalui udara bebas dan pemberian vaksin tidak boleh saat badan demam. Supaya terhindar dari penyakit difteri warga harus memeriksakan diri ke puskesmas ataupun langsung ke RSU. "Yang harus diwaspadai bila panas tubuh diatas 38,5 derajat celcius dan sakit pada tenggorakan. Serta adanya bintik putih di tenggorokan," terangnya.

Pemberian vaksin difteri tak hanya dilakukan kepada pegawai namun, juga kepada pengunjung poli anak juga dilayani. Syarat utama pemberian vaksin anak tidak dan kondisi panas. “Untuk suntik difteri kita lakukan hingga Jumat, (22/12/2017)," pungkasnya. (ADV)