Keran Pengaduan untuk Warga, Aplikasi SIARAN Tangsel Resmi Diluncurkan

detaktangsel.com SETU-Untuk mempermudah warga hal mengadukan permasalahn dilingkungan masyarakat, kini bisa memanfaatkan Sistem Aplikasi Pelaporan dan Penugasan Tangerang Selatan atau SIARAN Tangsel. Aplikasi ini dibuat sebagai keran pengaduan warga dalam permasalahan yang terjadi.

Sistem ini merupakan media untuk melaporkan kepada Pemerintah Kota hal-hal atau permasalahan yang terjadi di lingkungan terkait seperti sampah, kemacetan, banjir, parkir liar, infrastruktur, fasilitas publik dan lainnya. Melalui aplikasi ini, Pemkot akan mendapatkan informasi. Selanjutnya, laporan dan masukan ini akan segera ditindaklanjuti.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tangsel Ismunandar mengatakan, aplikasi Siaran Tangsel sebagai media pelaporan untuk masyarakat Tangsel kepada pemerintah dalam membenahi permasalahan maupun keluhan warga. "Inti dari SIARAN Kota Tangsel ini sebagai media untuk tempat mengeluhkan permasalahan dari masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, aplikasi ini juga memiliki dua manfaat, yaitu memangkas waktu. Artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat. Kedua, Memangkas jarak, artinya masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pihak Pemkot Tangsel tanpa harus melakukan mobilisasi secara fisik.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany menuturkan, aplikasi SIARAN Tangsel ini sebagai sarana teknologi dalam memberikan kemudahan antara masyarakat dengan pemerintah dalam setiap usulan, informasi dan pengaduan yang bersifat real time. "Dengan hadirnya aplikasi ini selain dari pada menyesuaikan perkembangan jaman, juga untuk memperpendek jarak komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah," ucap Airin.

Airin menjelaskan bahwa sebelumnya pemerintah mempunyai aplikasi yang seperti ini seperti SMS gateway dan Pojok Tangsel yang berada di web resmi Pemkot tetapi setelah di evaluasi, banyak keluhan masyarakat yang belum bisa teratasi dengan tuntas. Oleh Karena itu, adanya Aplikasi ini bisa mengatasi seluruh keluhan dari masyarakat sesuai dengan SKPD terkait. "Aplikasi SIARAN Tangsel ini sudah dirumuskan dan ada beberapa tata cara dan mekanisme. Sengaja belum diputuskan mengenai tatacara dan mekanisme untuk mengatasi permasalahan di masyarakat," terangnya. Airin berharap dengan diluncurkannya aplikasi Siaran Tangsel dapat mewujudkan motto Tangsel yakni Cerdas, Modern, Religius. (ADV)

« July 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

No cities match your search query

Go to top