Print this page

Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

detaktangsel.com TANGSEL - Menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan mudik sangat penting karena secara tidak langsung berhubungan dengan keselamatan di jalan.

Pastikan kondisi tubuh Anda tidak menjadi kelelahan yang mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus (diare) serta penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan).

IMG-20150708-00075

Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat ditempat tujuan tubuh tetap sehat dan bugar, dan momen lebaran bersama keluarga Anda menjadi hari yang spesial dan tak terlupakan.

Berikut ini, cara tetap sehat dan bugar saat mudik lebaran 2015 :

1. Cukupkan Istirahat

Ada baiknya Anda mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar dengan :

Istirahat minimal 6 - 8 jam sebelum pergi. Menghindari begadang jika anda merencanakan berangkat pagi hari, agar terhindar dari kelelahan mengantuk apalagi Anda sedang mengendarai mobil atau motor.

Istiahat tidur yang cukup agar stamina anda benar-benar segar.

Memperbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan untuk menjaga agar tubuh cairan tubuh tetap terjaga. Sarapan secukupnya dan siapkan bekal selama dalam perjalanan.
Mengonsumsi vitamin agar stamina Anda tetap terjaga saat perjalanan jauh. Makan secukupnya sebelum memulai perjalanan mudik.

2. Membawa Obat-Obatan.

Jangan lupa, membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat muntah, norit, obat anti diare, obat alergi dan obat sakit maag serta krim/balsem penghangat badan. Bagi para pemudik dengan penyakit kronis, misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, dan penyakit kronis lainnya harus selalu ingat untuk membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, baik selama berada di daerah maupun saat kembali.

Bagi penderita penyakit kronis-degenoratif seperti penyakit darah tinggi, gula, penyakit jantung, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokternya sebelum mudik

3. Waktu Perjalanan

Mencari informasi lalu lintas mudik yang akan anda lewati, agar dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. Ambillah waktu terbaik yang sesuai, jika ingin tidak terlalu lelah selama perjalanan, ada baiknya Anda mencoba untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang Anda miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.

4. Periksa Kondisi Kendaraan Anda

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pemeriksaan kondisi kendaraan dan pastikan semuanya baik-baik. Jangan lupa membawa perlengkapan mobil, seperti : senter, pompa ban, ekstra ban, segitiga pengaman, dongkrak, payung, perlengkapan P3K, dan lainnya.

Beri ruang yang lega bagi tempat si kecil agar ia bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan tape dan lagu anak-anak agar anak tidak bosan selama perjalanan. Jika pengendara motor sebaiknya jangan lupa menggunakan masker untuk meminimalisir polusi udara. Apalagi jalan raya pasti semakin berpolusi dari kanlpot-kanlpot kendaraan lainnya.

Bawa peta jalur mudik yang menyediakan jalur alternatif secara detil dan jelas. Lengkapi peta dengan beberapa nomor penting yang akan memberikan info penting terkait perjalanan anda. Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan jalan. Dengan memperhitungkan lamanya perjalanan, maka bisa ditentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan.

4. Menahan Hajat

Kalau anda sering menahan hajat kecil maupun besar saat mudik, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan. Jangan ragu untuk berhenti ketika merasa ingin buang air kecil atau buang air besar. POM bensin bisa jadi tempat yang tepat untuk melepas hajat dan sejenak beristirahat.

5. Beristirahat dalam Perjalanan

Meskipun perjalanan masih jauh dan lama, segera beristirahat jika sudah merasa lelah berkendara. Tidak ada yang lebih penting selain keselamatan anda sampai di kampung dengan selamat dan tetap bugar. Anda bisa mengambil istirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina tetap terjaga.

6. Pijat Refleksi

Sembari mengistirahatkan badan, anda juga bisa melakukan pijat refleksi di perjalanan. Kini mulai banyak rest area yang menyediakan jasa pijat saat musim mudik lebaran. Atau anda bisa melakukan pijat sederhana tanpa bantuan orang lain, dengan kursi pijat yang bisa dibawa kemanapun Anda berada, yang mudah Anda dapatkan disini.

7. Berhati-hatilah

Terhadap tingkat kejahatan saat mudik sangatlah tinggi, bukan saja karena ada niat pelaku saja tetapi kesempatan di segala situasi termasuk saat Anda membawa uang yang banyak untuk sanak saudara di kampung halaman, waspadalah saat menaruh uang tersebut. Jangan menaruhnya sembarang tempat atau menaruh semua uang Anda di dompet. Sebisa mungkin Anda dapat bisa menyimpannya di ATM saja agar lebih mudah.

Terhadap lalu lintas padat, saat jalan macet memang sangat membuat Anda tidak sabaran. Hal ini hanya akan membuat Anda lelah fisik dan lelah hati. Bersabarlah saat berada diperjalanan, jangan pula Anda memilih salip sana salip sini agar perjalanan anda terhindar dari kecelakaan yang rawan terjadi saat mudik.

Terhadap jajanan sembarangan, usahakan jangan membeli jajanan di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas dan berpotensi terkontaminasi baik dari debu maupun kotoran lain.

Perhatikan barang bawaan Anda, buat daftar keperluan yang terpenting terutama keperluan si kecil agar tidak ada yang tertinggal maupun terlupakan, kemudian jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan, apalagi bagi pemudik yang memang menggunakan kendaraan umum yang harus membawa barang bawaannya sendiri dan yang membawa anak-anak yang masih kecil, tentu ini akan lebih menguras tenaga pemudik.

Kondisi sehat dan bugar saat mudik menjadikan momen pertemuan keluarga besar Anda makin menyenangkan. salam sehat selalu untuk Anda dan keluarga

std ok 1

Segenap Direksi dan Staf Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan

                                      Mengucapkan

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Mohon Maaf Lahir dan Bathin"